Tips Untuk Otak Sehat

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu otak dan kesehatan tubuh dan kesehatan anda semasa hidup anda. Dalam artikel ini berisi tentang anjuran-anjuran tentang yang sebaiknya anda lakukan dan tidak anda lakukan dalam kehidupan anda sehari-hari untuk kesehatan tubuh semasa hidup dan kesehatan otak pada khususnya. Jadikan perilaku, gaya dan pola hidup sehat sebagai bagian dari hidup anda sehari-hari demi kesehatan yang maksimal.

Hal-hal yang sebaiknya anda lakukan antara lain:
1. Olahragakan tubuh anda secara teratur dan lakukan aktifitas fisik pada waktu-waktu senggang/tidak ada pekerjaan.
2. Jaga pikiran anda agar tetap bekerja atau selalu anda gunakan. Ikut sertakan diri anda dalam belajar aktif semasa hidup anda dan dapatkan pengalaman baru.
3. Selalu bersosialisasi dan berhubungan dengan teman-teman, keluarga, kelompok komunitas.
4. Pelihara dan jaga sikap, perilaku positif dan kontrol rasa tentang hidup anda.
5. Manajemen dan kelola stress yang terjadi pada anda.
6. Makan dengan diet seimbang, dan fokuskan pada makanan-makanan yang sehat untuk otak yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3, dan pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung antioksidan dan folat.
7. Perhatikan ukuran tubuh anda; kurangi berat badan apabila anda kelebihan berat badan, turunkan kadar kolesterol anda jika kadarnya tinggi, pertahankan gula darah anda dan tekanan darah anda agar tetap terkontrol dan dalam ukuran normal.
8. Cukup istirahat dan tidur.
9. Dapatkan, obati dengan pengobatan yang layak dan tepat serta berikan perhatian pada apapun masalah kesehatan yang mendasari timbulnya masalah kesehatan lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya jangan dan tidak boleh dilakukan:
1. Jangan minum alkohol berlebhan, jangan merokok atau menggunakan obat-obat terlarang.
2. Jangan biarkan perubahan mendadak pada status mental anda( tapi jangan terlalu diperhatikan tentang slip memori atau lupa mengingat sesuatu yang biasanya normal terjadi seperti lupa nama seseorang atau lupa tempat menaruh kunci pintu)
3. Jangan menghindari atau melewatkan waktu berkunjung atau periksa ke dokter apabila anda merasa terjadi perubahan pada kesehatan fisik dan mental anda.
4. Jangan abaikan kemungkinan interaksi atau efek samping obat yang dapat berpengaruh pada fungsi mental atau pikiran anda, khususnya apabila anda mendapatkan lebih dari satu resep obat yang anda konsumsi.
5. Jangan mengasingkan diri di dalam rumah.
6. Jangan berpikir bahwa anda terlalu tua untuk melakukan sesuatu hal yang baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s